Cara Pandang Bangsa Kita Harus Diubah: Tanpa Asing dan Aseng pun Kita Bisa Mandiri

Bagikan artikel ini

Komentar Pembaca atas artikel M Arief Pranoto berjudul:  Teori Ruang atau Lebensraum

Tepat sekali Pak Arief Pranoto.  Sebenarnya negeri  kita ini gemah ripah loh jinawi, kaya akan sumberdaya alam. Tanahnya pun subur. Apa saja kita punya. Sumberdaya Manusianya pun saat ini tidak kalah dengan orang-orang di  luar negeri.

Banyak anak bangsa kita yang hebat-hebat dan berprestasi di berbagai bidang.  Tapi sayangya tidak punya rasa percaya diri bahwa kita sebagai bangsa mampu untuk mandiri, dan mengelola semua apa-apa yang sudah kita miliki.

Jadi mengapa harus kita harus selalu tergantung dan pada negara asing dan aseng? Cara pandang kita harus dirubah. Bahwa tanpa asing dan aseng pun kita bisa mandiri.  Jadi kita sebagai bangsa harus mengubah cara pandang dan pemikiran kita. Bahwa Indonesia pasti bisa Mandiri. Sehingga muncul rasa percaya diri dimunculkan.

Dengan adanya niat dan tekad untuk mandiri, maka alam semesta dan lingkungan geografis kita  akan merespon apa yang kita mau. Sehingga energi yang kita pancarkan akan selalu mengarah untuk mewujudkan hal-hal  yang dicita citakan hingga tercapai tujuan yang diinginkan.

Memang benar negeri kita juga bertetangga dengan negara-negara di sekitarnya, sehingga perlu ada saling ketergantungan. Namun bukan berarti kita harus mengikuti apa-apa dan menyesuaikan dengan kepentingan nasional negara-negara tetangga yang kiranya tidak sesuai dengan kepentingan nasional kita. Jadi yang wajar-wajar saja lah. Jangan sampai negara-negara tetangga kita malah mendominasi segala urusan dalam negeri Indonesia.

Apalagi dalam hal urusan strategis dan rahasia, negara-negara tetangga ikut campur urusan negeri kita. Itu berbahaya karena negeri-negeri tetangga bisa mengetahui rahasia negara kita.

Novi Ariani, Pengusaha dan Peminat Masalah Sosial-Budaya, tinggal di Sidoardjo, Jawa Timur

Facebook Comments