Di Sekitar Crash Lion Air

Bagikan artikel ini

Soal crash lion air di karawang, terlepas dari penyebab kecelakan atau korban, ke depan ini memicu perang lebih intens antara Airbus versus Boeing di pasar Asia Pasifik.  Sekadar diketahui, pasar kedua penerbangan itu di Eropa sudah mapan banget.

Untuk tetap hidup, mereka harus masuk ke pasar Asia Pasifik. Salah satu pasar yang menjanjikan adalah Indonesia. Kedua perusahaan itu akan berhadapan dengan Cina di pasar Asia Pasifik. Eropa cenderung bisa bekerja sama secara ekonomi dengan Cina dibanding AS.

Kita lihat apa yag akan terjadi ke depan? Siapa yang diuntungkan atas crash-nya Lion Air itu? Australia yang pro AS, sudah umumkan bahwa Lion Air nggak safety. Itu respon negara asing pertama yang pro AS. Eropa sebelumnya sudah umumkan bahwa Lion Air safe dan dianggap laik terbang ke eropa setelah sebelumnya belum mendapat rekomendasi.

Salah satu poin (tolong dikoreksi kalau salah) perang dagang antara china dan AS adalah soal industri penerbangan. China tak akan lagi kerjasama di industri penerbangan dengan AS. Jadi posisi Indonesia sebanarnya kejepit.

Faizal Rizki, Wartawan Senior

Facebook Comments