Survei: Pascakonflik dengan Uni Eropa, Pasar AS Kehilangan Daya Tarik

Bagikan artikel ini

Amerika Serikat (AS) kehilangan daya tariknya sebagai lokasi bisnis di antara perusahaan-perusahaan Jerman sejak konflik perdagangan antara Uni Eropa (UE) dan negeri yang dipimpin Donald Trump itu, sebuah survei menunjukkan pada Selasa (28/8).

Sebanyak 42 persen perusahaan Jerman yang berbisnis di AS mengatakan pasar AS menjadi kurang menarik bagi mereka, sementara 20 persen perusahaan AS yang melakukan bisnis di Jerman mengatakan pasar Jerman menjadi kurang menarik sejak eskalasi konflik perdagangan, survei yang dilakukan oleh American Chamber of Commerce di Jerman (AmCham) menunjukkan.

Selain itu, 18 persen perusahaan Jerman dan enam persen perusahaan AS mengatakan bahwa mereka telah mengurangi rencana investasi mereka di negara lain sejak pecahnya konflik perdagangan.

“Hasilnya menunjukkan di satu sisi seberapa dekat dan tangguh hubungan ekonomi antara AS dan Jerman, dan pada saat yang sama survei adalah sinyal peringatan,” kata kepala AmCham Frank Sportolari.

“Bisnis membutuhkan keandalan, transparansi, dan di atas semua itu peta jalan untuk menyelesaikan konflik perdagangan antara UE dan AS,” tambah Sportolari, seperti dikutip dari Xinhua.

Facebook Comments