Tiongkok akan Meningkatkan Pengeluaran Militernya

Bagikan artikel ini

Kebijakan ini menarik untuk dicermarti. Pasalnya, perdana menteri berjanji untuk mendorong sebuah rencana modernisasi yang akan mengecilkan jumlah personel yang berdinas.

Jumlah dana senilai 954,35 miliar yuan itu hanya sekitar seperempat dari anggaran Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang berjumlah 573 miliar dolar Amerika.

Peningkatan tersebut merupakan kenaikan satu digit pertama sejak 2010 lalu, menyusul hampir dua dasawarsa kenaikan dana dengan dua digit, dan terjadi pada saat ekonomi Cina melambat.

Kebijakan di bidang militer ini sebenarnya telah diisukan sebelumnya oleh seorang pejabat yang memberikan jumlah kasarnya pada hari sebelumnya.

Presiden Xi Jinping mencoba untuk membuat Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) yang merupakan angkatan bersenjata terbesar di dunia, memangkas 300.000 personel dan memperbarui struktur komando yang era Perang Dingin.

Reuters melaporkan reformasi tersebut menuai respon negatif dari para tentara dan petinggi yang khawatir akan keamanan pekerjaan mereka, dan beberapa hal telah dikeluarkan terkait apa yang akan terjadi kepada mereka yang tidak berdinas lagi. (TGR/ANT/Rtr)

Caption Foto: Ilustrasi Militer Cina (istimewa)

Facebook Comments