Astronot Asal Belanda Lakukan Panggilan Telepon ke Bumi

Bagikan artikel ini

Astronot Belanda tanpa sengaja menghubungi 911 dari International Space Station (ISS). Bagaimana kisahnya hingga astronot tersebut bisa terjadi salah nomor?

Menurut laporan berita Belanda, seorang astronot secara tidak sengaja memutar nomor 911 dari ISS. Sebenarnya ini bukan panggilan, tapi karena kesalahan.

Astronot asal Belanda tersebut ternyata lupa memutar satu nomor saat mencoba melakukan panggilan untuk saluran luar dan kemudian internasional.

Proses panggilan tersebut membutuhkan astronot memutar nomor sembilan untuk jalur keluar. Kemudian, diikuti 011 untuk jalur internasional. Sayangnya, angka nol ini terlewatkan oleh astronot tersebut.

Kesalahan dibuat astronot bernama Belanda Andre Kuipers dan dia menceritakan kecerobohannya itu dengan penyiar Belanda Nederlandse Omroep Stitching. Dikisahkan, Kuipers menutup telepon setelah melewatkan ‘nol’, tapi panggilan dicatat oleh Mission Control di NASA.

Pada hari berikutnya, para petugas NASA mengirim email ke ISS untuk menanyakan apakah seseorang membuat panggilan ke 911, sebagaimana dikutip Slash Gears, Sabtu (5/1/2019).

Astronot di lab luar angkasa mampu membuat panggilan ke Bumi selama lebih dari satu dekade berkat layanan suara Internet modern serta konektivitas yang lebih baik. Menurut NASA, para astronot bisa melakukan panggilan kapa saja mereka inginkan, termasuk menghubungi keluarga mereka.

Facebook Comments