Mencermati Hubungan Iran dengan Taliban Pascapengambilalihan Kekuasaan di Afghanistan

Bagikan artikel ini

Menyusul pengambilalihan kekuasaan di Afghanistan oleh Taliban, paramiliter Irak yang didukung Iran awal pekan ini mengeluarkan pernyataan mengancam, mengisyaratkan mereka siap setiap saat untuk melakukan perjalanan ke Afghanistan dan melindungi warga Syiah Afghanistan dari kelompok militan.

Namun, sebuah perkembangan lain muncul bahwa komandan Irak, politisi, dan ulama mengatakan kepada Middle East Eye (MEE) bahwa Iran memberikan paramiliter sekutu dan faksi politik instruksi yang ketat: mereka tidak memiliki peran apa pun di Afghanistan dan tidak boleh ikut campur dengan cara apa pun dengan dalih apa pun.

Meski demikian, sejarah pernah mencatat bahwa Taliban pernah penjadi musuh Iran, yaitu saat terakhir kali Taliban menguasai Kabul, sebelum 9/11 dan invasi AS 2001. Tetapi hal-hal telah berubah dalam beberapa tahun terakhir, dan Teheran sekarang tidak berniat membiarkan kesepakatan yang telah dicapai dengan susah payah dan lama dengan Taliban dirusak, terutama sekarang karena kelompok Sunni telah merebut kendali penuh atas Afghanistan dan bersiap untuk mengatur ulang hubungan di seluruh wilayah.

Sebagaimana disinggung Suadad al-Salhy, meskipun niat sebenarnya Taliban terhadap Syiah Afghanistan masih harus dilihat, Iran mengirimkan pesan kepada sekutunya bahwa penganiayaan di masa lalu tidak akan terulang – setidaknya untuk saat ini.

Berdasarkan poin penting wawancara dengan sumber dari Baghdad hingga Kabul, Middle East Eye dapat menyimpulkan bahwa 1) Iran memiliki jaminan dari Taliban bahwa minoritas Syiah akan dilindungi; 2) Qassem Soleimani secara pribadi membuat kesepakatan dengan Taliban pada tahun 2015; 3) Kesepakatan itu termasuk pelatihan Pengawal Revolusi dan mendanai kelompok itu; 4) Teheran telah berjanji untuk menghentikan Brigade Fatemiyoun Afghanistan kembali ke Afghanistan

Hubungan Iran dengan Taliban telah berlangsung selama beberapa dekade dan telah terombang-ambing antara permusuhan dan aliansi. Meskipun Taliban baru muncul pada tahun 1994, para pendahulunya juga memiliki hubungan yang langgeng dengan tetangga Afghanistan di barat.

Selama pendudukan Soviet di Afghanistan, Iran mendukung Gerakan Perlawanan Islam, kemudian mengirim perwira Pengawal Revolusi melintasi perbatasan untuk melatih dan memberi nasihat kepada Mujahidin Afghanistan, beberapa di antaranya kemudian bergabung dengan Taliban.

Soleimani, komandan unit elit luar negeri Iran yang dibunuh oleh AS tahun lalu, termasuk di antara mereka hingga akhir 1990-an. Pada tahun 1998, hubungan Iran-Taliban benar-benar bubar, setelah kelompok itu dituduh membunuh 10 diplomat Iran dan seorang jurnalis di Afghanistan.

Penindasan kekerasan Taliban terhadap minoritas Syiah Afghanistan, yang saat ini berjumlah sekitar 20 persen dari populasi, hanya memperburuk hubungan lebih lanjut.

Tetapi pada tahun 2015, dengan sebuah cabang kelompok Negara Islam (IS) muncul di Afghanistan, sebuah delegasi pemimpin Taliban mengunjungi Teheran untuk membahas pembukaan kantor politik di sana, dan sebuah halaman mulai dibuka.

Tahun itu, Soleimani juga mengunjungi Afghanistan, menyimpulkan beberapa perjanjian dengan para pemimpin Taliban, menurut komandan faksi-faksi bersenjata yang didukung Iran yang dekat dengan jenderal itu.

Kesepakatan itu mencakup banyak hal. Yang paling menonjol adalah mencegah pendirian pangkalan militer AS di dekat perbatasan Iran, menghentikan penyelundupan narkoba ke wilayah Teluk melalui Iran, meningkatkan dan meningkatkan tingkat serangan yang menargetkan pasukan AS yang dikerahkan di Afghanistan, dan sepenuhnya menghentikan serangan terhadap warga Syiah Afghanistan.

Sebagai imbalannya, Iran berjanji untuk memberikan dukungan keuangan dan teknis tak terbatas kepada Taliban. Hal ini dilakukan dengan mengirim perwira Pengawal Revolusi untuk melatih dan menasihati pejuang Taliban, dan memungkinkan mereka untuk mendirikan kamp dan tempat berlindung yang aman bagi para pemimpin kelompok di dalam perbatasan Iran.

Teheran juga berjanji untuk memastikan bahwa Brigade Fatemiyoun, milisi Syiah Afghanistan yang didukung Iran, tidak kembali ke Afghanistan dari Suriah, kata para komandan kepada MEE.

“Sejak itu, Taliban tidak menargetkan Syiah di sana, dan semua serangan terhadap mereka dilakukan oleh ISIS,” kata seorang komandan terkemuka dari faksi bersenjata yang sangat dekat dengan Soleimani.

Media Iran dan orang-orang yang dekat dengan Iran sebagaimana dilaporkan MEE mengklaim bahwa mayoritas Taliban bukan Sunni garis keras, tetapi sebenarnya Sufi, mencoba untuk menggambarkan IS dan al-Qaeda sebagai satu-satunya ekstremis. Komandan terkemuka juga mendorong garis ini, yang ditolak oleh semua sumber Afghanistan.

“Mayoritas Taliban adalah Sufi, dan mereka tidak memiliki masalah ideologis dengan Syiah, dan merekalah yang membuat perjanjian dengan Soleimani,” katanya. “Masalahnya adalah dengan Taliban Salafi. Mereka bergabung dengan al-Qaeda dan ISIS dan bertanggung jawab atas sebagian besar serangan terhadap Syiah selama beberapa tahun terakhir.”

‘Syiah sekarang aman’

Diakui atau tidak, sampai mereka digulingkan oleh invasi AS pada tahun 2001, pemerintahan Taliban di Afghanistan dikenal karena kebrutalannya yang luar biasa. Sekarang mereka telah merebut kembali negara itu, ada ketakutan luas bahwa hak asasi manusia di negara itu akan menukik, dan perempuan, jurnalis, etnis dan agama minoritas dan siapa saja yang bekerja dengan Barat sekarang dalam bahaya.

Hazara, kelompok etnis terbesar ketiga di Afghanistan, mewakili tulang punggung minoritas Syiah dan terkonsentrasi di daerah pegunungan di Afghanistan tengah, terutama di provinsi Herat, Kabul, Bamiyan, Helmand, Ghazni dan Mazar-i-Sharif .

Taliban selalu menganggap Syiah sebagai kafir dan membunuh ribuan dari mereka selama beberapa dekade terakhir. Pengambilalihan kelompok itu memicu kepanikan di kalangan politik dan aliran Syiah di Najaf dan Baghdad pekan lalu.

Kelompok-kelompok bersenjata yang didukung Iran, merasa semakin terpinggirkan sejak AS mulai bernegosiasi dengan Teheran untuk bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir, memanfaatkan kesempatan untuk menempatkan diri mereka dalam peristiwa-peristiwa dunia, bersumpah untuk melindungi Syiah.

Hari ini, bagaimanapun, platform media mereka mengabadikan gagasan bahwa Taliban telah berubah, dimoderasi, dan tidak akan menargetkan Syiah seperti yang telah dilakukan di masa lalu. Sebaliknya, kampanye media menegaskan, pengambilalihan Taliban adalah kekalahan terang-terangan bagi AS dan kemenangan bagi Islam.

“Syiah di sana sekarang aman dari serangan Taliban. Iran telah membuat beberapa perjanjian dengan Taliban beberapa tahun lalu yang mencakup tidak menyerang Syiah. Dan semuanya berjalan sesuai dengan perjanjian ini, sejauh ini,” kata seorang komandan senior faksi bersenjata yang didukung Iran kepada MEE.

Hal yang menarik dari pernyataan komandan senior tersebut adalah bahwa tidak akan ada faksi bersenjata Irak atau non-Irak yang diizinkan untuk ikut campur pada tahap ini. Bahkan Iran mengatakan secara terbuka selama pertemuan di Baghdad bahwa Iran menjelaskan “masalah ini tidak dapat diselesaikan secara militer. Pertempuran telah hilang, dan mengirimkan setiap angkatan bersenjata Syiah ke sana sekarang berarti pemusnahan komunitas Syiah di Afghanistan. Inilah yang dikatakan para pemimpin Iran dalam menanggapi pertanyaan kami.”

Potensi kesepakatan Taliban dengn Iran menyusul diambilalihnya kekuasaan di Afghanistan oleh Taliban menjadi sebuah perkembangan baru yang perlu untuk kita cermati bersama. Mengingat, sejarah pernah mencatat keduanya sempat bermusuhan meski saat ini mencapai hubungan yang baik. Iran memberikan dukungan sepenuhnya kepada Taliban untuk menentukan langkah-langkahnya dalam menyusun pemerintahan baru di Afghanistan.

Sudarto Murtaufiq, peneliti senior Global Future Institute (GFI)

Facebook Comments
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com