Pergeseran Geopolitik: Fajar Masa Depan Baru di Timur

Bagikan artikel ini

Pergeseran basis kekuatan dunia, aliansi dan kekuatan ekonomi, tidak diragukan lagi akan terjadi dalam beberapa tahun mendatang. Bahkan, itu sudah berlangsung. Tapi belum tentu menurut (WEF) “The Great Reset” Klaus Schwab.

“Belum tentu”, karena Kami, Rakyat, bisa menghentikannya. Plus, ada negara dan sekutu mereka, yang tidak setuju dan tidak akan menerima perbudakan sebagian besar dunia melalui kekuatan yang diurapi sendiri dari elit ultra-kaya.

Menurut Peter Koenig, seorang analis geopolitik dan mantan Ekonom Senior di Bank Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), di mana ia telah bekerja selama lebih dari 30 tahun di bidang air dan lingkungan di seluruh dunia, SCO – Organisasi Kerjasama Shanghai – baru saja mengintegrasikan Iran sebagai anggota baru. Ini – di barat – organisasi yang tidak banyak dibicarakan, asosiasi negara-negara timur, yang dibuat oleh China dan Rusia pada tanggal 15 Juni 2001, dimulai dengan 7 anggota Asia Tengah dan Asia Timur, Republik Kazakhstan, Republik Rakyat Cina, Republik Kirgistan, Federasi Rusia, Republik Tajikistan dan Republik Uzbekistan.

Sejak itu India, Pakistan telah bergabung dan sekarang Iran. Anggota terkait adalah Malaysia dan Mongolia. Yang menjadikan SCO salah satu organisasi strategi sosial ekonomi dan pertahanan yang paling kuat, mungkin yang paling kuat di dunia – dengan hampir setengah populasi dunia dan sekitar sepertiga dari PDB dunia.

Orang pasti bertanya, apa yang harus dilakukan India dalam wadah ini?

India berayun dari Barat ke Timur ke Barat, di mana pun remah-remah keberuntungan tampak lebih besar. Foto-foto terbaru PM India Narendra Modi dengan Presiden Biden, bersama-sama tersenyum kepada media.

Ya, tentu saja, ada alasan makro-strategis untuk mempertahankan India-nya Modi di SCO. Harinya akan tiba ketika India akan menjadi India lagi – tidak hanya diungkapkan oleh kehendak rakyat, tetapi juga oleh para pemimpinnya.

Mari kita lihat AUKUS. Itu singkatan dari Australia, Inggris dan AS dan bertujuan untuk memodernisasi penerima manfaat utama – Australia – selama beberapa dekade mendatang untuk menghadapi tantangan keamanan di Indo-Pasifik [ucapan yang jelas: Ambil posisi ofensif terhadap China dan Rusia].

Rencananya adalah memberikan akses ke teknologi militer mutakhir ke Australia oleh dua mitranya, termasuk kemampuan futuristik seperti kecerdasan buatan dan teknologi kuantum. Ini mengacu pada kesepakatan baru-baru ini tentang pembuatan kapal selam nuklir AS/Inggris, yang membatalkan kontrak kapal selam yang dimiliki Australia dengan Prancis.

Kesepakatan AUKUS untuk Prancis yang tidak siap ini, menghancurkan kontrak Australia senilai US$ 66 miliar dengan Grup Angkatan Laut milik negara mayoritas Prancis untuk menyediakan 12 kapal selam diesel-listrik konvensional untuk Australia.

Dan bayangkan, ini hanyalah salah satu dari “kesepakatan” pertama dari aliansi AUKUS yang agak baru. Apa yang mungkin terjadi selanjutnya, adalah kesepakatan yang lebih berpusat pada diri sendiri, berorientasi pada keuntungan langsung yang membantu lebih lanjut memecah aliansi barat yang dulu begitu kuat.

Kesepakatan AUKUS yang baru akan memberi Australia kapal selam bertenaga nuklir. Tapi kesepakatan itu sangat baru, baik biaya maupun kerangka waktu sejauh ini tidak diketahui publik.

Prancis menarik duta besarnya untuk Amerika Serikat dan Australia setelah Presiden AS Joe Biden pekan lalu mengungkapkan aliansi tripartit baru termasuk Australia dan Inggris yang akan memungkinkan Australia untuk mengumpulkan armada setidaknya delapan kapal selam bertenaga nuklir.

Russia Today (RT) merangkumnya:

Maka, tidak mengherankan bahwa aliansi rangkap tiga Atlantik-Pasifik yang baru dibentuk antara AS, Britania Raya, dan Australia, yang dikenal sebagai AUKUS, telah menarik perhatian para pemimpin dan kepala pertahanan Rusia. Diumumkan pada 15 September, pakta itu dipresentasikan sebagai penargetan China. Namun, jelas implikasi geopolitiknya tidak akan terasa di Beijing saja.

Blok nuklir AUKUS Baru tidak hanya akan memerangi China, tetapi juga akan membawa Barat ke dalam konfrontasi dengan Rusia, kata kepala keamanan Moskow.

Awalnya berhati-hati, tanggapan Moskow dengan cepat menjadi lebih kritis. Nikolai Patrushev, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Rusia, telah mencela AUKUS sebagai “prototipe NATO Asia,” yang akan diperluas, dan diarahkan terhadap China dan Rusia.

Inti dari AUKUS tidak rumit. Meskipun mencakup berbagai bidang, seperti cyber dan kecerdasan buatan, intinya adalah transfer teknologi dari AS ke Australia. Dan bukan sembarang teknologi, tetapi kapal selam bertenaga nuklir, yang sampai sekarang hanya dimiliki oleh enam negara: China, Prancis, Britania Raya, Rusia, Amerika Serikat, dan India. Dan tentu saja, tidak pernah disebutkan: Israel.

Kesimpulannya – Moskow dapat, karenanya, memperluas armada kapal selam nuklirnya sendiri di Pasifik. Di dunia seperti itu, kemitraan strategis yang sudah ada antara China dan Rusia hanya akan semakin kuat.

Sejalan dengan pengkhianatan AUKUS di Prancis ini, Biden menjadi tuan rumah KTT Quad (Aliansi Quad = Dialog Keamanan Segiempat adalah dialog strategis antara Amerika Serikat, India, Jepang, dan Australia). Meskipun topiknya belum menjadi berita resmi, tidak sulit untuk menebak bahwa topiknya adalah bagaimana “mengandung” – berbicara “agresi” Rusia dan Cina. Dan lagi, anehnya, anggota SCO terkemuka India ikut bermain.

Ada dampak ekonomi dari kesepakatan semacam itu, tidak hanya dalam jumlah uang tunai, tetapi juga sebagai preseden. Tidak ada aturan yang dihormati. Ini adalah “pasar bebas” dari Dunia Pemberani Baru, di mana bahkan sekutu tradisional pun tidak dihormati dan aman.

Sulit untuk memprediksi bagaimana Prancis di bawah Macron akan memberikan tanggapan atas masalah ini. Macron jelas bukan De Gaulle. Presiden Macron – atau para pembantunya, telah menyindir bahwa sebagai tanggapan atas pembatalan kesepakatan kapal selam nuklir Australia-Prancis, Prancis dapat keluar dari NATO. Kami dapat dengan mudah berspekulasi, itulah yang akan dilakukan De Gaulle. Itu akan menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan untuk Prancis dan, dalam jangka panjang untuk Eropa juga. Tapi itu tidak mungkin terjadi. Macron “dipandu” oleh kekuatan yang lebih gelap, yang berasal dari lembaga keuangan.

Perpecahan sosial ekonomi dan politik dari apa yang disebut aliansi barat, tentu akan menyakiti banyak orang, tetapi dunia, Ibu Pertiwi, akan bertahan, dan sebagian besar dari mereka yang tidak mengkhianati kepercayaan mereka mungkin juga.

Tidak terbayangkan apa yang telah dihancurkan oleh awal covid dalam hal kekayaan sosial ekonomi dan kesejahteraan sederhana. Orang-orang di Global South, yang hampir tidak dibicarakan oleh politisi barat mana pun, sedang sekarat, karena kelaparan, keputusasaan, penyakit – dan hanya karena keputusasaan. Menurut Program Pangan Dunia, hampir satu miliar orang sudah menderita kelaparan atau hampir menderita kekurangan pangan.

Pecahnya barat akan mempercepat pergeseran kekuatan ekonomi dan politik ke timur.

Eropa tidak punya banyak waktu untuk memutuskan apakah mereka milik Masa Depan – timur – atau barat, masa lalu yang sudah mati dan membusuk akibat egosentrisme dan kekaisaran yang dipaksakan sendiri. Eropa membutuhkan keduanya, yang orang-orang (barat) untuk bangun dan mengambil kembali pemerintah mereka, diculik oleh kekuatan gelap yang tak terlihat; dan kekuatan manusia untuk bertahan hidup pada tingkat tanpa balas dendam, tanpa agresi, terlepas dari pengorbanan besar yang mungkin harus dilakukan untuk menyelamatkan peradaban kita.

Sudarto Murtaufiq, peneliti senior Global Future Institute (GFI)

Facebook Comments
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com